Rabu, 11 Mei 2011

kebudayaan di 5 benua

NAMA : RIA MALINDASARI
KELAS : 1 KA 09
NPM : 15110850
TUGAS : ILMU BUDAYA DASAR

BENUA EROPA

Keadaan Umum Benua Eropa
1. Letak dan Luas
Letak astronomis benua Eropa 36oLU-71oLS dan 11oBB-60oBT, dengan batas :
a. utara berbatasan dengan Laut Norwegia dan Laut Barents.
b. selatan berbatasan dengan Selat Gibraltar, Selat Dardanela, Selat Bosporus,
Laut Tengah dan Laut Hitam.
c. timur berbatasan dengan benua Asia dan Laut Kaspia.
d. barat berbatasan dengan Samudera Atlantik.
Eropa memiliki luas sekitar 10.245.000 km2 (7 % dari luas daratan dimuka bumi). Letak
geografis Eropa berada diantara benua Asia, Samudera Atlantik dan Benua Afrika

JERMAN:
Republik Federal Jerman (bahasa Jerman: Bundesrepublik Deutschland) adalah suatu negara berbentuk federasi di Eropa Barat Negara ini merupakan negara dengan posisi ekonomi dan politik yang sangat penting di Eropa maupun di dunia. Dengan luas 357.021 kilometer persegi (kira-kira dua setengah kali Pulau Jawa) dan penduduk sekitar 82 juta jiwa, negara dengan 16 negara bagian (jamak: Länder) ini menjadi anggota kunci organisasi Uni Eropa (penduduk terbanyak), penghubung transportasi barang dan jasa antara negara-negara sekawasan dan menjadi negara dengan penduduk imigran ketiga terbesar di dunia.
Jerman terletak di Eropa bagian tengah dan berbatasan langsung dengan sembilan negara. Di sebelah barat berbatasan dengan Belanda, Belgia, Luksemburg, dan Perancis; di sebelah selatan berbatasan dengan Swiss dan Austria; di sebelah timur berbatasan dengan Ceko dan Polandia; dan di sebelah utara berbatasan dengan Denmark. Apabila tetangga di seberang laut (Laut Baltik) juga dihitung, maka Jerman juga bertetangga dengan Swedia.
Wilayah negara ini sekarang adalah hasil dari Perang Dunia II dan sebelumnya memiliki cakupan yang jauh lebih luas, mencakup bagian dari Polandia, Ceko, serta Kaliningrad (atau Königsberg, sekarang dikuasai Rusia). Wilayahnya pernah pula terpecah secara politik sejak tanggal 7 Oktober 1949 hingga tanggal 3 Oktober 1990, di saat bagian timur negara ini dikuasai oleh rezim komunis dan bernama Republik Demokratik Jerman (Jerman Timur, atau Deutsche Demokratische Republik disingkat DDR).
Secara umum, topografi Jerman adalah dataran rendah di utara dan wilayah berbukit-bukit di bagian selatan. Puncak tertingginya adalah Zugspitze setinggi 2.962 meter dpl yang merupakan bagian dari sistem Pegunungan Alpen di perbatasan dengan Austria. Titik terendah Jerman adalah Wilstermarsch (Rawa Wilster), deikat Steinburg di bagian utara, yaitu -3,54 meter dpl. Pegunungan di Jerman rata-rata berketinggian menengah sampai agak tinggi, yaitu antara 500-1000 meter. Beberapa yang penting adalah Pegunungan Alpen, Schwarzwald ("Rimba Hitam"), Pegunungan Erz, Rhoen, Rothaargebirge (Pegunungan Rothaar), Pegunungan Rhein (mencakup wilayah Perbukitan Eifel, Bergisches Land, Sauerland, Siegerland, Westerwald, dan Taunus), Thüringischer Wald, dan Pegunungan Harz. Sungai-sungai yang mengalir cukup besar sehingga beberapa dapat dilayari oleh kapal berukuran sedang hingga jauh ke hulu, seperti Sungai Rhein, Sungai Elbe, Sungai Donau, Sungai Weser, dan Sungai Main. Danau terluas berada di selatan, yaitu Danau Konstanz (Bodensee) dengan tiga pulau kecil: Mainau, Reichenau, dan Lindau. Selain itu terdapat banyak danau lainnya, seperti Chiemsee dan Danau Mueritz.
Jerman memiliki pantai yang berhadapan dengan Laut Baltik di timur dan Laut Utara di bagian barat. Di pantai bagian barat terdapat padang gumuk (sand dune) yang luas yang terlindungi oleh Kepulauan Frisia Utara dan Kep. Frisia Timur; selain itu terdapat pulau wisata Helgoland. Beberapa pulau kecil di lepas pantai timur menjadi tempat wisata, seperti Pulau Ruegen, Pulau Fehmarn, dan Pulau Usedom.








BENUA ASIA

KOREA:
Pakaian
pakaian tradisional Korea disebut Hanbok (Korea Utara menyebut Choson-ot). Hanbok terbagi atas baju bagian atas (Jeogori), celana panjang untuk laki-laki (baji) dan rok wanita (Chima).
Orang Korea berpakaian sesuai dengan status sosial mereka sehingga pakaian merupakan hal penting. Orang-orang dengan status tinggi serta keluarga kerajaan menikmati pakaian yang mewah dan perhiasan-perhiasan yang umumnya tidak bisa dibeli golongan rakyat bawah yang hidup miskin.
Dahulu, Hanbok diklasifikasikan untuk penggunaan sehari-hari, upacara dan peristiwa-peristiwa tertentu. Hanbok untuk upacara dipakai dalam peristiwa formal seperti ulang tahun anak pertama (doljanchi), pernikahan atau upacara kematian.


Kalender Korea didasarkan pada kalender lunisolar.[2]
Kalender Korea dibagi dalam 24 titik putaran (jeolgi) yang masing-masing terdiri dari 15 hari dan digunakan untuk menentukan masa tanam atau panen pada masyarakat agraris pada zaman dahulu, namun pada saat ini tidak digunakan lagi. Kalender Gregorian diperkenalkan di Korea tahun 1895, tapi hari-hari tertentu seperti festival, upacara, kelahiran dan ulang tahun masih didasarkan pada sistem kalender lunisolar.[3] [4]
Festival terbesar di Korea antara lain:
Seollal, imleknya Korea yang jatuh tepat bersamaan dengan tahun baru Imlek.
Daeboreum, festival bulan purnama pertama
Dano, festival musim semi
Chuseok, festival panen raya atau festival kue bulan



Lokasi
Korea yang terdiri dari semenanjung serta 3200 buah pulau yang besar dan kecil, terletak di bagian timur laut dari benua Asia. Korea tereletak bersebelahan dengan wilayah laut, Rusia dan Cina dari arah ke utara, serta berhadapan dengan Jepang dari arah selatan.

Lokasi di garis Lintang Utara dan Bujur Barat
Korea berada di semenanjung sebelah Selatan Benua Asia Timur, yaitu pada garis Lintang Utara 33°-38° dan 124°-132° Bujur Barat.
Teritorial
Undang-Undang Republik Korea menetapkan semenanjung Korea dan pulau-pulau miliknya sebagai teritorial Republik Korea.
Luas Wilayah
• Total Luas Semenanjung Korea : 222 ribu 300㎢
• Luas Teritorial Korea Selatan : 99 ribu 600㎢ (45% dari total luas Semenajung Korea)
Cirikhas Bentuk Geografis
• Negara Korea berbentuk semenanjung yang memanjang dari utara ke selatan, namun jarak dari timur ke barat lebih panjang apabila pulau-pulau yang kecil juga dimasukkan. Panjang semenanjung Korea lebih kurang 840km dari selatan ke utara dan 1.200km dari timur ke barat.
• Korea terdiri dari bukit-bukit dan gunung-gunung yang mengelilingi hampir 75% dari kawasannya.
• Bukit-bukit rendah menjadi ciri utama di daerah selatan dan barat, serta gunung-gunung yang lebih tinggi terdapat di daerah timur dan utara.
Gunung dan Sungai
• Gunung yang paling tinggi di seluruh semenanjung Korea, adalah Gunung Baekdu(2.744m), sedangkan Gunung Hanla(1.950m) paling tinggi di Korea Selatan.
• Sebagian besar sungai-sungai di Korea mengalir dari timur ke barat.
• Sungai yang paling panjang di seluruh semenanjung Korea, adalah Sungai Amnok(790,7km) dan sungai yang paling panjang di Korea Selatan adalah Sungai Nakdong(525,15km). Selain itu, sejumlah sungai memiliki panjang melebihi 400km, seperti Sungai Duman (431,1km) dan Sungai Daedong(450,3km) di Korea Utara, dan Sungai Han(514,4km) dan Sungai Geum(401,4km) di Korea Selatan.
Garis Perbatasan
• Sungai Amnok dan Duman memisahkan semenanjung Korea dari Cina dan Rusia di utara.
• 3 bagian semenanjung Korea berhadapan dengan laut, yakni dengan Jepang di Laut Timur, dengan Cina di Laut Barat dan dengan samudera Pasifik di Laut Selatan.


BENUA AUSTRALIA

VICTORIA:
Geografi
Terletak di bagian tenggara benua Australia, Victoria berbatasan dengan South Australia di sebelah barat dan New South Wales di utara dengan Murray River (Sungai Murray) sebagai batasnya. Di bagian selatan terdapat sebuah teluk besar yang digunakan untuk pelabuhan yaitu Port Phillip yang terletak di Melbourne serta pinggirannya seperti Geelong dan Frankston.
Sungai-sungai yang ada di Victoria antara lain Murray River, Yarra River, Maribyrnong River, dan Mitta River.
Budaya dan olahraga
Victoria, Melbourne pada khususnya, memiliki kebudayaan yang beragam seperti Tionghoa, India, Yunani, dan Vietnam.
Victoria merupakan asal dari sepak bola Australia (Australian Football atau Footy) dengan 10 dari 16 tim liga utama (AFL) berasal dari sini. Pertandingan Grand Final pun diselenggarakan di stadion Melbourne Cricket Ground.













BENUA AFRIKA

Benua Afrika

Benua Afrika dikenal dengan julukan Benua Hitam. Hal ini dikarenakan mayoritas penduduk di kawasan benua ini adalah orang-orang kulit hitam (negro).
a . Letak, Luas, dan Batas
Benua Afrika terletak di sebelah Barat Daya Benua Asia. Pada
masa lalu, Benua Afrika dan Benua Asia menyatu, namun karena adanya pembangunan kanal atau terusan di Suez (Mesir), akhirnya kedua benua tersebut terpisah oleh perairan.
Secara astronomis, Benua Afrika terletak di antara ± 35° LU - 33° LS dan ± 18° BT - 53° BT. Luas wilayah Benua Afrika mencapai ± 29.800.540 km² atau hampir seperlima dari luas wilayah daratan dunia dengan batas-batas wilayah berikut ini.
1) Sebelah Utara berbatasan dengan Laut Tengah atau Laut Mediterania dan Benua Eropa.
2) Sebelah Timur berbatasan dengan Laut Merah dan Samudra Hindia.
3) Sebelah Selatan dan Barat ber-batasan dengan Samudra Atlantik.

A. Mesir.
Negara Mesir disebut juga Arab Republic Of Egypt. Mesir termasuk dalam wilayah Afrika Utara, dengan ibukotanya Kairo.

1. Luas wilayah : 1.100.449 km2.
2. Letak astronomis : 220 LU-310 LU dan 250 BT-360 BT.
3. Letak geografis : di benua Afrika bagian utara, antara laut tengah dan laut merah.
4. Batas-batas : utara adalah Laut Tengah. Timur adalah Laut Merah. Selatan adalah Sudan. Barat adalah Libya.
5. Bentang alam : Keadaan alam Mesir dapat dibagi menjadi 4 bagian.
a. Gurun Libya atau gurun Barat.
b. Lembah dan delta sungai Nil.
c. Gurun Arab.
d. Semenanjung Sinai.
6. Iklim : Sub Tropis pada bagian utara, dan gurun pada bagian tengah.
7. Keadaan penduduk : Pada tahun 1998, jumlah penduduk Mesir 65.500.000 jiwa. Kepadatan penduduk 59 Jiwa per km2. Angka pertumbuhannya 2,4% per tahun. Sebagian besar penduduk Mesir tinggal di lembah sungai Nil dan kota-kota seperti Kairo, Iskandariah, dan Giza. Bangsa Mesir terdiri dari bangsa Arab, Nubia, dan Hamid. Bangsa aslinya adalah bangsa Kopta.
8. Bentuk pemerintahan : Republik Arab Mesir yang dipimpin oleh seorang Presiden.
9. Bahasa : Bahasa Arab, bahasa lainnya adalah bahasa Inggris.
10. Agama : Mayoritas Islam, sisanya Kristen.
11. Kegiatan ekonomi : pertanian, perkebunan, peternakan, pertambangan, perindustrian, dan perdagangan.
12. Kebudayaan : Kebudayaan Mesir dikenal tinggi sejak jaman purba, peninggalannya antara lain Piramida, Sphink, Obelix,dan Helio Grif.




13. Kerjasama Mesir dengan Indonesia : Kerjasamanya antara lain.
a. Bidang politik. Bentuk kerjasamanya antara lain.
- Indonesia dengan Mesir telah lama menjalin hubungan Diplomatik.
- Mesir adalah negara pertama yang mengakui kemerdekaan Republik Indonesia, dan banyak membantu dalam perang kemerdekaan.
- Keduanya menjadi pemprakarsa terbentuknya Gerakan Non Blok.
- Mesir ikut hadir dalam KAA di Bandung.


b. Bidang ekonomi. Keduanya menjalin hubungan dagang.
- Eksport Indonesia antara lain teh, kayu lapis, ban, sepatu, kertas, dan sarung batik.
- Import Indonesia antara lain kapas, benang tenun, pupuk, bumbu masak, aluminium, baja, bahan kimia, alkohol, dan plastik.
c. Bidang sosial budaya. Banyak mahasiswa Indonesia yang belajar di Mesir, yaitu Universitas Al-Azhar di Kairo.












BENUA ANTARTIKA

Daerah Kutub Selatan merupakan benua yang dikenal sebagai Benua Antartika. Benua Antartika merupakan dataran tinggi yang yang berupa gumpalan es atau gunung es dengan ketebalan rata-rata 2.200 m. Disekitar Benua Antartika tersebar ribuan pulau.
1. Letak Dan Batas-Batas Benua Antartika
Letak Benua Antartika : 66,5 – 90 LS
Letak Benua Antartika : 15.540.000 km/segi
Benua Antartika dibatasi oleh Samudra Atlantik, Samudra Hindia dan Samudra Pasifik.
2. Keadaan Alam
a.Gunung
Gunung-gunung yang ada dibenua Antartika antara lain Vinson Massif (5.140m), Gunung Kirkpatrick (4.528 m), Gunung Markham (4.350 m), Gunung Erebus (3.795 m) dan Gunung Jacksen (4.189 m). Gunung-gunung tersebut diselimuti salju sehingga dari puncak gunung sering terjadi gumpalan es mencair dan bergerak ketempat yang lebih rendah. Gumpalan es yang bergerak disebut Gletser.
b. Flora Dan Fauna
Flora yang ada di Benua Antartika hanya berupa lumut didaerah pesisir. Fauna yang hidup diwilayah ini antara lain, Anjing Laut, Pinguin dan Albratas.
c. Iklim
Iklim didaerah ini adalah iklim kutub. Suhu daratan Antartika lebih dingin dari Kutub Utara. Hal ini terjadi karena sebagian besar Benua Antartika terdiri dari gunung-gunung tinggi. Suhu di Benua Antartika terendah mencapai -89 C dan suhu rata-ratanya sekitar -37 C.
3. Penduduk
Sampai saat ini tidak ada penduduk yang menetap di Benua Antartika. Manusia hanya datang untuk tujuan-tujuan tertentu seperti penelitian, penjelajahan, wisata dan berburu binatang kutub

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar