Kamis, 14 Oktober 2010

PEMUDA DAN MASYARAKAT DI INDONESIA

PEMUDA DAN MASYARAKAT
Pemuda dan masyarakat. Jika mendengar kata – kata itu, pasti yang akan terpikir adalah banyak pada jaman sekarang, pemuda yang bertengkar dengan masyarakat sekitar, entah itu karena tawuran, ataupun karena masalah pribadi. Tetapi sebenarnya itu bisa terjadi karena emosi masing – masing. Jika mereka bisa mengontrol emosi mereka dan memilih untuk saling memaafkan saja, itu juga tidak akan terjadi.
Pada saat ini sebenarnya Indonesia mulai kehilangan sosok pemuda yang bisa di andalkan untuk meneruskan generasi kepemimpinan selanjutnya. Namun seharusnya kita sebgai pemuda dan pemudi Indonesia, dengan melihat pendapat yang seperti itu, seharusnya kita menjadi lebih berpikir lagi. Apa benar kita tidak bisa di andalkan untuk memimpin? . jawabannya adalah bukan benar atau tidak benar, melainkan tergantung dari diri mereka sendiri. Apakah mereka ingin maju atau tidak. Karena pada saat sekarang ini, kebanyakan pemuda hanya memikirkan diri mereka sendiri.
Tetapi pada dasarnya, seorang pemuda juga bisa memimpin dengan baik. Contoh kecilnya yaitu dalam lingkungan masyarakat. Dengan adanya kegiatan pemuda di dalam lingkungan masyarakat,seperti karang taruna, ituakan membuat para pemuda itu sendiri mandiri dan beroganisasi. Yang akan mengolah mereka untuk tampil berani di depan umum. Itu sama saja dengan memimpin, walaupun hanya di lingkupan kecil.
Pemuda juga tidak semuanya pemalas, di dalam masyarakat, pemuda sering kali ikut bergotong royong untuk membangun lingkungannya, sebut saja seperti kerja bakti, atau jika ada acara dalam lingkungan,mereka ikut untuk membantunya.
Namun pada jaman sekarang, dengan keadaan ekonomi yang sedang sulit, banyak sekali pemuda Indonesia yang tidak bisa melanjutkan pendidikannya. Itu suat hal yang sangat di sayangkan menurut saya. Karena jika anak tersebut pintar, mungkin saja pada suatu saat nanti mereka bisa memimpin negeri ini dengan baik.

2 komentar: