Rabu, 28 September 2011

manfaat dan jenis buah strawberry

STRAWBERRY

Strawberry.. kalau mendengar nama buah yang satu itu pasti kalian sudah bisa membayangkannya, warnanya yang merah dan rasanya yang asam manis itu sangat menggoda untuk dikonsumsi. Tidak hanya dimakan begitu saja, strawberry juga dapat di gunakan sebagai bahan dasar untuk pembuatan kue, agar-agar, dan sebagainya. Jangan salah, buah yang satu ini juga kaya akan manfaat loh, vitamin A, C, E yang terkandung dalam buah ini dapat mencegah penyakit kanker. Strawberry juga dapat bermanfaat untuk kulit, misalkan untuk mengencangkan kulit dan menghaluskan kulit.
Di dalam buah strawberry terdapat berbagai jenis vitamin yaitu, vitamin A, vitamin B1,B dan C. Strawberry juga mengandung antioksidan untuk menangkal radikal bebas.
Terdapat 700-an jenis buah strawberry, salah satu jenis spesiesnya bernama Fragaria chiloensis L. Jenis ini yang menyebar ke berbagai negara Amerika, Eropa dan Asia. Spesies yang lainnya yaitu F. vesca L. Yang satu ini lebih menyebar luas dibandingkan spesies lainnya. Jenis strawberry ini pula yang pertama kali masuk ke Indonesia. Warna merah pada strawberry matang disebabkan karena buah ini kaya pigmen warna antosianin dan mengandung antioksidan tinggi.
Nah, bagi yang tertarik untuk menanam strawberry, sebaiknya di tanam di daerah yang subtropis dan curah hujan 600-700 mm/tahun. Teknik penanamannya cukup mudah. 1.Siram polybag berisi bibit dan keluarkan bibit bersama media tanamnya dgn hati-hati, 2.tanam satu bibit di lubang tanam & padatkan tanah di sekitar pangkal batang, 3.untuk tanaman tanpa mulsa, beri pupuk dasar sebanyak 1/3 dari dosis pupuk anjuran (dosis anjuran 200 kg/ha Urea, 250 kg SP-36 dan 150 kg/ha KCl). Pupuk diberikan di dalam lubang sejauh 15 cm di kiri-kanan tanaman, 4.sirami tanah di sekitar pangkal batang sampai lembab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar