Jumat, 25 Januari 2013

GUI





Komponen GUI Pada AWT

Window Classes Fundamental :

Dalam mengembangkan aplikasi GUI, komponen GUI seperti tombol atau textfield diletakkan
di dalam kontainer. Berikut ini adalah daftar dari beberapa class penting pada kontainer yang
telah disediakan oleh AWT.




Untuk mengatur ukuran window, menggunakan method setSize.
void setSize(int width, int height).

Mengubah ukuran komponen ini dengan width dan height sebagai parameter.
void setSize(Dimension d).

Mengubah ukuran dengan d.width dan d.height berdasar pada spesifikasi Dimension d.

Default dari window adalah not visible atau tak tampak hingga Anda mengatur visibility
menjadi true. Inilah syntax untuk method setVisible.

Void setVisible(boolean b)
Dalam mendesain aplikasi GUI, Object Frame selalu digunakan.
Grafik :
Beberapa method grafik ditemukan dalam class Graphic. Dibawah ini adalah daftar dari
beberapa method.





 





Layout Manager

Java mempunyai fasilitas layout manager (manajemen tampilan) dalam mengelola form / kontainer.

Kontainer adalah objek yang memiliki jendela seperti form, panel, scoll pane dan lain-lain.

Setiap kontainer memiliki sebuah layout manager. Java menyediakan layout manager yang spesifik , dan dapat memilih sesuai kebutuhan antara lain :

- BorderLayout - Flow Layout - GridLayout - CardLayout - GridBagLayout - BoxLayout 
  
·         Border Layout 
Fitur ini menyusun komponen-komponen dari sebuah kontainer dalam wilayah yang dinamai North (Utama), South (Selatan), East (Timur), West (Barat), After (setelah), Last (terakhir), Center (tengah), First (pertama), Before (sebelum)
·         Flow Layout 
Menyusun komponen-kokmponen objek dalam bentuk baris dari kiri ke kanan kemudian dari atas ke bawah menggunakan ukuran asli setiap komponen
·         Grid Layout 
Menempatkan komponen-komponen ke dalam grid / kotak-kotak sel dalam baris dan kolom
GridLayout memperbesar setiap komponen sebesar ruangan / sel yang disediakan. 
  • Card Layout  
Menempatkan komponen-komponen (biasanya panel) yang 1 diatas dan yang lainnya bertumpukan,satu dengan yang lainnya.
Kita hanya bisa melihat 1 dalam satu waktu, dan untuk melihat yang lain menggunakan kontrol untuk memilih objek mana yang ada diatas. 
  • Grid Bag Layout
Menempatkan komponen-komponen secara horizontal dan vertical secara dinamis dan tidak harus mempunyai ukuran yang sama. 
  • Box Layout 
Memungkinkan susunan banyak komponen yang bisa disusun secara vertikal / horizontal. Walaupun disusun secara vertikal dengan banyak komponen, susunan tidak akan berubah walau ada perubahan frame.




Komponen Swing Pada Java


1. Label

Label berfungsi untuk menuliskan sesuatu di frame yang kita buat, nama default JLabel

2. Button

Button digunakan untuk mengeksekusi sebuah perintah, jika button di pencet maka proses akan berjalan, nama default JButton

3. Text Field

Text Field marupakan salah satu cara untuk  mengisikan suatu inputan dalam program, nama default JTextfield

4. Text Area

Text Area biasanya digunakan untuk menampilkan hasil output dari program, nama default JTextarea

5. Combo box

Combo Box merupakan salah satu cara inputan juga. jika combo box di pencet, maka akan keluar berbagai pilihan untuk di proses, nama default JCombobox

6. Radio button

Radio button juga salah satu cara inputan dalam program, tetapi dalam penggunaannya berbeda dengan combo box, radio button digunakan jika pilihan yang di sediakan sedikit, maka akan lebih efektif jika menggunakan radio button, berbeda dengan combo box yang hjerus click 2 kali untuk memilih, radio button cukup sekali pilihan, dan hanya boleh satu pilihan yang di pilih, maka digunakan radio button group agar hanya satu yang bisa di pilih, nama default JRadiobutton



7. Check box

Check box juga merupakan salah satu cara inputan, mirip dengan radio button, tetapi check box memperbolehkan user untuk memilih lebih dari satu pilihan, jadi check box di gunakan untuk menjawab petanyaan yang memperbolehkan lebih dari satu jawaban, nama defaultnya jCheckbox



Sumber : 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar