Minggu, 23 Juni 2013

Laporan Penelitian Usaha Bakso


Proposal Penelitian Ilmiah

ANALISIS KEUNTUNGAN USAHA BAKSO



BAB I : PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang

Di era global sekarang ini keadaan ekonomi di Indonesia memang sangat memprihatinkan sejak krisis ekonomi yang melnda bangsa Indonesia membuat banyak masyarakat yang kehilangan pekerjaan dan pengangguran.  Banyak para remaja yang putus sekolah dan menjadi pengangguran.Sebagai warga Negara kreatif kita tidak boleh putus asaataupun pantang menyerah pada keadaan sekarang ini yang serba sulit kita harus berusaha,kreatif,inovatif dan berani mengambil suatu keputusanserta resiko untuk menciptakan lapangan pekerjaan sendiri.kita tidak harus bergantung pada orang lain.Untuk mendapatkan suatu pekerjaan kita harus berusaha semaksimal mungkin.Salah satu usaha yang dilakukan untuk mengurangi pengangguran yaitu dengan berwira usaha. Dengan kita berwira usaha kita bisa belajar mandiri dan bisa memaknai arti penting kehidupan secara tidak langsung kita sudah membantu banyak orang.
Usaha ini berawal dari kecintaan saya terhadap makna bakso. Setiap saya makan bakso rasanya cumc itu itu saja kemudian saya berinsiatif untuk membuka warung bakso yang berbeda dengan warung warung bakso lainnya. Dari informasi-informasi yang saya peroleh dan menurut pandangan saya usaha ini akan mencapai kesuksesan dan maju. Dalam menjalankan usaha ini membuthukan kemantapan dan keuletan dalam menjalankanya.Saya juga akan bersungguh-sungguh dalam mengelola usaha ini
1.2 Perumusan Masalah

Perkembangan usaha bakso yang semakin pesat di kota Depok, menyebabkan usaha ini menjadi sumber orang dalam mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan hidup. Setiap pedagang berusaha untuk menciptakan berbagai macam bakso dengan berbagai macam rasa dan variasi, contoh saja seperti bakso keju. Banyaknya orang yang bergerak di usaha ini, bakso sangat membantu konsumen dalam pemenuhan kebutuhan akan makanan, khususnya makanan jajanan yang mengenyangkan.

            Berdasarkan perumusan masalah di atas, maka permasalahan yang akan diteliti adalah :

1. Bagaimana tingkat keuntungan usaha pedagang bakso sebelum kenaikan harga bahan baku khususnya daging ?
2. Bagaimana tingkat keuntungan usaha pedagang bakso setelah kenaikan harga bahan baku khususnya daging ?

1.3 Tujuan Penelitian

Berdasarkan latar belakang dan perumusan masalah yang telah disebutkan, maka tujuan penelitian ini adalah :

1. Menganalisis keuntungan usaha pedagang bakso sebelum kenaikan harga bahan baku khususnya daging.
2. Menganalisis keuntungan usaha pedagang bakso setelah kenaikan harga bahan baku khususnya daging.

1.4 Manfaat Penelitian

Penelitian ini diharapkan dapat berguna bagi :

1. Pengusaha bakso, penelitian ini diharapkan dapat menjadi gambaran untuk mengetahui penerimaan dan keuntungan yang didapatkan baik sebelum dan sesudah kenaikan harga bahan baku.
2. Penulis, penelitian ini diharapkan dapat menjadi tambahan wawasan, dan pengetahuan dalam usaha bakso.
3. Kalangan akademisi, sebagai bahan referensi atau sumber informasi untuk penelitian selanjutnya terutama dalam penyempurnaan dari penelitian ini.


      1.5 Sistematika Penulisan

BAB I : PENDAHULUAN
Pada bab ini menguraikan tentang latar belakang, rumusan masalah, batasan masalah, tujuan, manfaat penelitian, dan sistematika penulisan.

BAB II : LANDASAN TEORI
Pada bab ini menguraikan tentang teori-teori yang mendukung atau berhubungan   dengan penulisan ilmiah ini dan ruang lingkup tentang bakso, variasi bakso, keuntungan dan kerugian usaha bakso.

BAB III : PENUTUP
Pada bab ini merupakan penutup dari penulisan ilmiah yang berisi kesimpulan, saran, dan daftar pustaka.



1 komentar:

  1. hingga saat ini, bakso masih menjadi menu favorit bagi banyak orang, baik masyarakat pedesaan maupun perkotaan. sehingga membuka usaha kuliner bakso sejauh ini masih memiliki prospek yang cukup baik..
    terimakasih gan, karena telah berbagi ilmu bisnis melalui artikel ini. sangat bermanfaat..
    Software Kasir Restoran

    BalasHapus